Our Food

Homemades loved by my familly. Ketika seorang yang masih "learning by doing", mencoba untuk membuat sendiri apa yang menjadi kegemaran keluarganya. Inilah menu kami sehari2....

My Photo
Name:
Location: Qatar

cool housewife who wants to be an "oasis" of her familly

The Outhers:

Our Snack

Our beverages

Tuesday, January 31, 2006

Sayur Tahu Buncis


Bahan:
150 gr tahu, potong dadu, kemudian goreng
100 gr buncis, iris serong
50 gr udang yg sudah dibersihkan
2 bh cabe hijau,iris serong
1 bh tomat sedang, potong 4
1 cm lengkuas
1 cm jahe
1 lbr daun salam
400 ml santan sedang

Bumbu halus:
5 bh bawang merah
3 sng bawang putih
2 bh cabe merah
1 sdt ketumbar
2 btr kemiri
1 sdt garam
1 sdt gula merah

Cara membuat:
Tumis bumbu halus bersama lengkuas, jahe dan daun salam. Tambahkan udang, aduk hingga berubah warna. Masukkan cabe hijau, buncis dan tomat, masak hingga setengah layu. Tuangkan santan kedalamnya. Tambahkan garam dan gula merah. Aduk2 hingga masak.

Sambal Tomat


Pelengkap masakan, yang bikin makan jadi kepengen nambah..nambah terus.

Bahan:
4 bh bawang merah
2 sng bawang putih
4 bh cabe merah
3 bh cabe rawit
1 bh tomat sedang
1/2 sdt terasi
1 sdt garam
1 sdm gula merah
2 sdm minyak

Cara membuat:
Iris2 semua bahan, kecuali terasi, garam dan gula merah. Kemudian tumis sampai cukup layu. Haluskan bersama bahan lainnya.

Burung presto Goreng


Anak2ku sangat suka makan burung goreng, yang dulu biasanya kita bisa beli di sebuah rumah makan kecil di Samarinda. Karena kebetulan di Indonesia sulit untuk mendapatkan burung, jadi gak terpikir untuk mencoba membuat sendiri. Di Qatar sendiri tidak ada yang menjual burung segar, yang ada adalah frozen bird dari jenis "quail", entah apa namanya kalau di Indonesia. Tadi pagi coba2 bikin dengan menggunakan pressure cooker untuk mempercepat pengepukan daging burung yang memang teksturnya sedikit lebih alot daripada ayam. Hasilnya hmmm....dagingnya empuk, sedangkan bagian luarnya garing karena kubalut dengan tepung.

Bahan:
6 ekor burung (1 kg)
6 lbr daun jeruk
50 gr tepung kanji

Bumbu halus:
8 sng bawang putih
6 btr kemiri
3 cm lengkuas
2 cm jahe
1 sdm ketumbar
1 1/2 sdt garam
1 ltr air

Cara membuat:
Campur air, bumbu, daun jeruk di dalam pressure cooker. Kemudian masukkan burung.
Masak selama 50 menit dari waktu mendesis. Biarkan sampai tekanannya turun, buka tutup panci, kemudian didihkan kembali sampai air yang masih tersisa terserap habis (masak tanpa ditutup). Keluarkan burung dengan hati2, kemudian taburi dengan tepung kanji. Biarkan di kulkas beberapa saat agar tepung menempel. Kemudian goreng sampai kecoklatan/kering. Hidangkan bersama sambal tomat.

Saturday, January 28, 2006

Soto Bandung


"Soto cemplung", kata mamah saya. Memang nih soto gampang banget bikinnya, bumbunya tinggal cemplang cemplung aja. Rasanya? Hmm seger banget!

Bahan:
5oo gr daging
4 bh bawang merah, diiris
2 sng bawang putih, diiris
2 lbr daun salam
2 cm lengkuas, digeprek
3 cm jahe, digeprek
1 btg serai, digeprek
garam, gula pasir , merica secukupnya
1,5 ml air
1 btg lobak, diiris

Pelengkap:
Kedelai yang telah digoreng
Bawang goreng
Seledri, diiris halus
Bawang daun, diiris halus
Sambal cabe rawit
Telur asin rebus

Cara membuat:
Rebus daging bersama garam, daun salam, lengkuas dan jahe hingga cukup empuk.
Angkat daging, potong2 sesuai selera kemudian masukkan kembali ke dalam kuah.
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, kemudian masukkan ke dalam kuah.
Tambahkan garam, merica dan gula pasir sebagai penyedap.
Masukkan lobak sesaat sebelum dihidangkan (masak lobak sampai cukup matang tapi jangan sampai terlalu layu).
Hidangkan soto dalam keadaan panas bersama pelengkap plus nasi hangat tentunya.

Sate Godog


Ada yang bilang namanya "sate malas", barangkali karena gak perlu nusukin dagingnya satu persatu. Memang ini sejenis sate yang dagingnya langsung dimasak dengan kuah kacangnya sekaligus. Tapi gak kalah enak kok dengan sate yang biasa disajikan secara terpisah. Malah lebih praktis dan menghemat waktu, karena kalau kebetulan bikin banyak, sisanya bisa disimpan di frezzer dan dikeluarkan kapan saja kita mau.

Bahan:
1 kg daging
2 btg serai, digeprek
2 ruas jr lengkuas, digeprek
2 ruas jr jahe, digeprek
daun salam
garam
gula pasir
kecap
gula merah
asam jawa
kacang tanah goreng yg sudah dihaluskan
santan

Bumbu halus:
6 siung bawang merah
5 sing bawang putih
1 sdm ketumbar
1 sdt adas
15 bj cabe merah (kalau yg suka agak pedas)
merica

Pelengkap:
Lontong
Bawang goreng
Sambal cabe rawit

Cara membuat:
Rebus daging hingga matang tapi jangan sampai terlalu empuk. Angkat, potong2 sesuai selera kemudian sisihkan.
Tumis bumbu halus, tambahkan daun salam, lengkuas, jahe dan serai.
Masukkan daging, air bekas rebusan daging, kacang tanah, garam, gula putih, gula merah, air asam jawa dan santan. Masak dengan api kecil hingga berminyak. Terakhir masukkan kecap.
Hidangkan bersama pelengkap.

Friday, January 27, 2006

Mie Pizza


Ntah kenapa sehabis mandi pagi kok tiba2 pusing, mules, mulut rasanya pahit, malas makan dan yang dah pasti jadi malas masak! Kayaknya masuk angin nih, tapi biar bagaimanapun aku harus buat sesuatu untuk makan siang anak2 nanti. Rencananya sih mau bikin indomie kuah aja, makanan yang khusus kusediakan buat emergency kayak begini. Tapi teringat Zaky yang baru mau makan indomie setelah kuolah jadi makanan lain. Maka jadilah mie pizza, makanan yang praktis dan cepet. Tapi bener2 ini sih bukan ngajak orang buat malas masak, bukan sama sekali..Sekedar ide aja buat temen2 yang mungkin lagi gak enak badan juga.

Bahan:
3 bks indomie, rebus, tiriskan
6 btr telur
6 sosis, potong2
parutan keju secukupnya

Cara membuat:
Rasanya semua dah pasti bisa , ini sekedar ngingetin aja, siapa tahu ada yang lupa...
Campur mie dan telur, tambahkan bumbu indomie, aduk sampai tercampur rata. Bagi adonan jadi 2 bagian, masukkan ke dalam 2 loyang bulat 23 cm yang telah diolesi mentega. Taburi sosis dan keju. Panggang 350 C selama 25 menit. Hidangkan panas2 dengan saus tomat/sambal.

Zaky suka banget makanan ini, bisa2 1 loyang dihabiskan sendiri! Apalagi kalo dihidangkan pas masih hangat. Hmmm.....

Nasi Goreng Jawa


Seharusnya yang namanya nasi goreng jawa menurut resep di sedap sekejap, ada orak arik telur, irisan kol dan suwiran ayam goreng di dalamnya. Namun karena anak2ku gak terlalu suka yang "berantakan", makanya kubuat nasinya tanpa campuran apa2. Enak nih, pemakaian kemiri bikin nasi goreng ini jadi gurih.

Bahan:
600 gr nasi
2 sdm kecap manis
irisan daun bawang secukupnya

Bumbu halus:
10 btr bawang merah
3 sng bawang putih
3 btr kemiri
2 bh cabe merah
1 bh (50 gr) tomat
1 sdt garam

Pelengkap:
Telur mata sapi
kerupuk
acar mentimun
bawang goreng

Cara membuat:
Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan nasi, aduk hingga tercampur rata. Tambahkan kecap manis. Sebelum diangkat masukkan irisan daun bawang. Hidangkan bersama pelengkap

Thursday, January 26, 2006

Ayam Goreng Mentega


Salah satu favoritnya anak2, apalagi kalau memakai bagian sayap, 2 piring nasi habis....
Tapi bisa juga memakai ayam yang sudah dipotong2 kecil, tetep enak kok!

Bahan:
10 ptg sayap ayam, potong ujungnya
100 gr bawang bombay, dipotong kasar
3 sng bawang putih, geprek, cincang halus
2 cm jahe, geprek, cincang halus
1 btg daun bawang, potong kasar
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap asin
3 sdm kecap manis
3 sdm mentega
air jeruk limo secukupnya

Cara membuat:
Rendam sayap ayam dengan air jeruk, garam dan merica. Biarkan sampai bumbu meresap. Kemudian goreng hingga matang. Sisihkan.
Tumis bawang putih dan jahe dengan 2 sdm minyak bekas menggoreng ayam. Masukkan saus tiram, kecap asin dan kecap manis. Tambahkan bawang bombay, aduk hingga setengah layu. Masukkan mentega dan ayam. Aduk hingga saus meresap ke dalam ayam. Tambahkan bawang daun, aduk sebentar kemudian angkat. Beri perasan air jeruk limo, aduk. Hidangkan panas.

Tuesday, January 24, 2006

Pizza Bread


Kunamakan demikian karena memang dasarnya adalah roti, bisa roti apa saja..tawar, hotdog atau burger. Trus toppingnya baru topping ala pizza. Praktis, gak perlu resep! Bisa buat breakfast, bekal sekolah atau camilan di sore hari.

Bahan:
Roti
Saus tomat
Sosis/ ayam/ daging
Paprika
Tomat
Bawang bombay
Keju mozarella

Cara membuat:
Beri topping di atas roti. Kemudian susun di loyang yang telah diolesi mentega.
Panggang dalam oven selama 8 menit dengan temperatur 350 C.

Sunday, January 22, 2006

Pepes Telur Asin


Bahan:
4 btr telur asin mentah
3 bh bawang merah, iris
2 sng bawang putih, iris
1 cm lengkuas, iris
1 lbr daun salam
75 ml santan kental
daun kemangi secukupnya

Cara membuat:
Campurkan bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, separuh kemangi dan santan. Masukkan ke dalam cetakan. Pecahkan telur asin di atasnya, biarkan utuh. Taburi sisa kemangi. Kukus sampai matang.

Asem asem Oyong


Masih dalam rangka panen oyong. Kali ini kubuat asem-asem, hmm seger...

Bahan:
250 gr daging berlemak/tetelan
2 btg oyong

Bumbu:
6 btr bawang merah, iris
4 sng bawang putih, iris
5 bh cabe hijau, potong kasar
2 bh tomat hijau, masing2 potong 4
1 cm lengkuas
1 lbr daun salam
3 lbr daun jeruk
1 sdm kecap manis
2 sdt air asam jawa
garam, gula secukupnya

Cara membuat:
Rebus daging hingga empuk. Angkat daging, potong2, masukkan kembali ke dalam kuah.
Tumis bawang merah, bawang putih, cabe, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Masukkan kedalam kuah. Tambahkan potongan tomat, kecap manis, air asam, garam dan gula. Masukkan potongan oyong. Segera angkat dan hidangkan panas.

Friday, January 20, 2006

Bubur Ayam


Teng teng teng teng teng..., itu bunyi mangkok yang diketok sendok si abang bubur ayam. Kali ini kucoba bikin sendiri untuk sedikit mengobati rasa kangen dengan makanan ini.

Bahan:
300 gr beras, cuci
2 ptg sayap ayam
3 sng bawang putih, digeprek
2 ltr air
garam

Kuah:
1 bag dada ayam
75o ml air
1 btg serai, digeprek
3 lbr daun jeruk
Bumbu halus:
5 btr bawang merah
3 sng bawang putih
1/2 cm jahe
1 sdt ketumbar
1 sdt kunyit bubuk
garam, gula, merica secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis

Pelengkap:
Ayam suwir
Kulit spring roll secukupnya, gunting2, goreng (sebagai pengganti cakue)
Bawang daun, iris halus
Seledri, iris halus
Bawang goreng
Sambal cabe rawit
Kecap manis
Kacang kedele, rendam 1 jam, tiriskan, goreng

Cara membuat:
Masukkan beras, air, sayap ayam, bawang putih dan garam ke dalam pressure cooker. Masak selama 20 menit dari waktu berdesis.
Sementara itu rebus dada ayam dengan garam secukupnya. Angkat ayamnya, kemudian suwir2.
Kuah: Tumis bumbu halus, tambahkan serai dan daun jeruk. Masukkan kedalam 750 ml kaldu. Tambahkan garam dan gula secukupnya.
Penyajian: Masukkan bubur ayam ke dalam mangkok saji. Taburi pelengkap diatasnya. Siram dengan kuah secukupnya. Hidangkan panas.

Thursday, January 19, 2006

Ikan Sarden


Dari dapurnya mbak Lia, dengan promosi "kalau sudah mencoba ini tak akan mau lagi beli sarden kaleng". Ternyata benar! Mending pilih yang ini, sehat dan enak lagi!

Bahan:
500 gr ikan segar jenis sarden/salem/tongkol/mackerel, bersihkan & potong2 sesuai selera (kalo kecil biarkan utuh)
2 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
6 butir bawang merah, dijadikan bawang goreng
4 siung bawang putih, dijadikan bawang putih goreng
5 sdm saus tomat
2 sdm margarin

Saus:
3 buah tomat masak, iris kasar
3 buah cabe merah, buang bijinya & iris kasar
3 siung bawang putih, geprak
3 sdm minyak goreng
2 sdt garam
2 sdm gula pasir
150 ml air matang

Cara membuat:
Lumuri ikan yang sudah bersih dengan air jeruk & garam, diamkan 15 menit di kulkas lalu bilas & tiriskan.
Aduk ikan bersama bawang merah+putih goreng, masukan dalam panci presto, sisihkan.
Saus: Panaskan minyak, tumis bawang putih sampe wangi. Masukan cabe & tomat, aduk & tumis sampai setengah matang.Tuangi air, tambahkan garam & gula. Tutup rapat & masak dengan api kecil 3 menit, angkat & dinginkan. Tambahkan saus tomat, aduk rata lalu blender sampe halus.
Penyelesaian:Tuang saus kedalam panci berisi ikan, tambahkan margarin. Tutup & proses selama 10 menit terhitung dari waktu berdesis (30-40 menit kalau menginginkan tulangnya sampai empuk, tergantung besarnya ikan). Matikan api, tunggu sampai pressure-nya habis, buka & sajikan dengan nasi putih hangat.

Versi tanpa presto:
Lumuri ikan dengan air jeruk & garam, diamkan 15 menit di kulkas lalu bilas & tiriskan. Goreng setengah matang, sisihkan.
Saus: Sama persis dengan resep diatas
Penyelesaian:Tuang blenderan saus ke dalam panci (jangan wajan), masukan ikan goreng & tambah air lagi sebanyak 100 ml. Masak dengan api kecil sampai kuah menyusut & mengental. Masukan margarin & aduk sampe leleh, angkat.Taburi bawang merah+putih goreng, sajikan segera.

Thanks to: Mbak Lia

Note: Biasanya sebelum dihidangkan, saya tumis terlebih dahulu bawang merah, bawang putih, potongan cabe merah, lengkuas dan daun salam. Kemudian masukkan ikan sarden. Hmm...tambah sedep!

Tuesday, January 17, 2006

Soto Madura


Aslinya menggunakan jeroan sebagai bahan dasar. Agar lebih aman, saya ganti dengan beff stew.

Bahan:
500 gr daging
2 btg serai
5 lbr daun jeruk
2 sdm bawang daun
1,5 lt air

Bumbu halus:
12 btr bawang merah
6 sng bawang putih
2 sdt kunyit bubuk
3 cm jahe
5 btr kemiri
garam dan gula pasir secukupnya

Sambal:
2 btr kemiri, goreng
1 bh cabe merah
3 bh cabe rawit
garam secukupnya
air secukupnya

Pelengkap:
seledri, iris halus
bawang goreng
potongan jeruk

Cara membuat:
Soto: Rebus daging hingga cukup empuk. Angkat, kemudian potong2 dadu. Masukkan kembali ke dalam kaldu.
Tumis bumbu bersama serai dan daun jeruk hingga harum. Masukkan ke dalam kaldu. Tambahkan garam dan gula. Didihkan dengan api kecil hingga bumbu menyerap. Tambahkan bawang daun.
Sambal: Haluskan seluruh bahan.
Sajikan soto dalam keadaan panas bersama pelengkap lainnya.
Note:
Bila menyukai kuah yang lebih kental, bisa ditambahkan santan

Mie Ball


Camilan ini cocok buat bekal sekolahnya anak2. Buat yang suka pedas bisa ditambahkan irisan cabe rawit ke dalamnya.

Bahan:
150 gr ayam cincang
100 gr udang cincang
1 btr telur
150 gr mie kering, direbus, kemudian potong2 kasar
1 sdt kecap asin
1/2 sdt minyak wijen
3 sdt bawang merah goreng
garam, gula pasir dan merica secukupnya
daun bawang yang diris halus secukupnya

Cara membuat:
Haluskan ayam, udang, telur dan bawang goreng. Tambahkan kecap asin, minyak wijen dan bumbu lainnya. Masukkan mie dan bawang daun. Aduk rata.
Dengan bantuan 2 buah sendok, bentuk bulatan2, kemudian goreng.
Sajikan dalam keadaan hangat dengan cocolan saus.

Monday, January 16, 2006

Udang Tempura



Bahan:
400 gr udang, kupas kulitnya, sisakan ekornya
1 sdt garam
1/2 sdt merica
air jeruk nipis

Balutan:
tepung maizena secukupnya
tepung roti kasar secukupnya
1 btr telur

Cara membuat:
Rendam udang dalam campuran air jeruk nipis, garam dan merica.
Tiriskan udang.
Gulingkan udang ke dalam tepung maizena.
Kemudian celupkan ke dalam telur yang telah dikocok lepas.
Gulingkan ke dalam tepung roti, tekan2 sedikit agar tepung menempel.
Diamkan beberapa saat di dalam kulkas.
Goreng sampai matang. Hidangkan bersama saus sambal.

Tumis Sawi Jamur


Serba tumis memang menjadi salah satu favoritku. Praktis, enak, dan segar! Kriuk2 nya sayuran berpadu dengan gurihnya kaldu.

Bahan:
1 ikat sawi hijau
100 gr jamur merang segar
50 gr bawang bombay, diiris kasar
2 sng bawang putih, digeprek
1 sdm minyak sayur
1 sdt minyak wijen
1 sdm saus tiram
1 sdt kecap asin
gula pasir, merica secukupnya
100 ml kaldu ayam

Cara membuat:
Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
Tambahkan kaldu, didihkan. Masukkan saus tiram, kecap asin, gula dan merica kedalamya. Aduk2, didihkan kembali hingga kuah cukup kental.
Masukkan jamur merang dan sawi hijau. Aduk sebentar, segera angkat.

Sup Oyong


Gemes rasanya lihat oyong bergelantungan di pohon, sempat kuukur panjangnya, lebih dari 30 cm! Inilah salah satu resep yang tercipta ketika di rumah sedang panen oyong. Manisnya oyong yang baru dipetik pas bener rasanya dengan gurihnya udang.


Bahan:
1 bh oyong, kupas, potong2 kasar
150 gr udang besar, cincang dagingnya
3 btr telur
2 sng bawang putih
3 sdm tepung kanji
garam, gula pasir, merica secukupnya
2 sdm wortel, diparut kasar

Kuah:
1 ltr air + kepala udang, didihkan
3 sng bawang putih, digeprek
1 sdm saus tiram
garam, gula pasir secukupnya
bawang daun, dicincang kasar
1 sdm minyak sayur + 1 sdt minyak wijen, untuk menumis

Cara membuat:
Saring kaldu udang, buang kepala udang.
Sementara itu haluskan udang cincang bersama telur, tepung kanji, bawang putih, garam, gula dan merica. Tambahkan parutan wortel, aduk rata. Dengan menggunakan sendok, bentuk bulatan2, kemudian masukkan ke dalam kaldu udang. Didihkan hingga bulatan2 udang mengapung.
Tumis bawang putih, kemudian masukkan ke dalam kaldu. Tambahkan saus tiram, garam dan gula pasir.
Masukkan oyong dan bawang daun, didihkan sebentar. Kemudian angkat dan hidangkan panas dengan taburan bawang goreng diatasnya

Sunday, January 15, 2006

Soto Ayam Ambengan


Soto ini kuahnya ringan dengan taburan taburan poyah yang gurih di atasnya

Bahan:
1 ekor ayam (400 gr)
1 btg serai memarkan
1 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk
1 sdt garam
1 ltr air

Bumbu halus:
7 sng bawang putih
3 btr kemiri
1 sdt kunyit bubuk (2 cm kunyit)
1 cm jahe

Pelengkap:
Telur rebus, belah 2
Perkedel kentang
Toge, seduh dengan air panas.
Kol, iris halus
Daun seledri, iris halus
Bawang daun, iris halus
Bawang goreng
Sambal cabe rawit
Kerupuk udang
Bumbu poyah

Bumbu poyah:
Haluskan kerupuk udang dengan bawang putih goreng (perbandingannya sesuai selera).

Cara membuat:
Rebus ayam bersama serai, daun salam, daun jeruk dan garam sampai ayam empuk.
Angkat ayam dan tiriskan. Goreng ayam sebentar, kemudian suwir2.
Tumis bumbu halus dengan 2 sdm minyak hingga harum dan matang. Kemudian masukkan ke dalam kaldu. Didihkan kaldu dengan api kecil hingga bumbu meresap. Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya.
Tata dalam mangkuk saji, toge, irisan kol, ayam suwir, perkedel, dan telur. Taburi dengan bawang daun, seledri, dan poyah diatasnya. Tuangkan kuah yang telah mendidih kedalamnya. Nikmati bersama sepiring nasi hangat.

Roti Manis


Inilah resep andalanku kalau ingin membuat roti mungil, sekali suap. Pemakaian butter akan menghasilkan roti yang tidak saja enak tetapi juga harum. Fillingnya..? Gak perlu repot, lihat saja apa yang ada di dapur..sosis, meisjes, keju, pisang..praktis bukan?!

Bahan:
700 gr terigu high protein
300 gr terigu all purpose
200 gr gula pasir
5 btr kuning telur
2 btr putih telur
450 cc susu cair
2 bks fermipan
50 gr susu tepung
200 gr butter

Cara:
Campurkan terigu, gula pasir, telur, fermipan dan susu tepung. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit, aduk sampai cukup tercampur.
Tambahkan butter, kemudian aduk sampai kalis.
Bulatkan adonan, masukkan ke dalam container dan tutup dengan lap. Diamkan selama 30 menit.
Timbang adonan sesuai selera, bulatkan dan diamkan selama 15 menit.
Bentuk adonan dan isi.
Diamkan sampai mengembang 2x lipat, kurang lebih selama 1 jam.
Panaskan oven terlebih dahulu dengan temperatur 190 C.
Olesi bagian atas roti dengan kuning telur dan panggang selama kurang lebih 15 menit.
Setelah matang olesi atasnya dengan butter.

Sayur Bening Segar

Lagi kepengen bikin sesuatu kreasi sendiri, sekali2 belajar gak buka resep ah... Karena favorite kita adalah sayuran yang segar2 tanpa santan, maka coba2 kubuat seperti ini. Surprise..seger banget rasanya!

Bahan:
1 ikat sawi hijau, potong kasar kurang lebih 3 cm
4 bh tahu kuning, potong2 menjadi 4 bagian
6 bh jamur kancing segar, potong 4
1 ltr kaldu ayam

Bumbu:
1 sdt tabasco
1 sdm saus tiram
garam, gula pasir secukupnya

Cara membuat:
Didihkan kaldu ayam. Masukkan bumbu, kemudian didihkan kembali dengan menggunakan api kecil sampai bumbu terasa meresap. Cicipi sehingga terasa asam pedasnya, kalau masih kurang bisa ditambahkan kembali bumbunya.
Masukkan potongan tahu ke dalam kuah yang mendidih, biarkan sebentar sampai aroma tahu terserap.
Masukkan potongan jamur kancing, biarkan sampai agak layu.
Masukkan potongan sawi hijau, aduk2 sebentar. Angkat. Hidangkan panas.

Cumi Tepung


Setelah beberapa kali ganti resep, akhirnya inilah resep terakhir yang memenuhi taste keluarga. Yang perlu diingat, pemilihan jenis cumi yang tepat merupakan salah satu kunci untuk menghasilkan cumi tepung yang garing di luar dan empuk di dalam.

Bahan:
300 gr squid (cumi yang berdaging tebal, kulitnya putih), potong2 sesuai selera.

Bumbu:
1/2 sdt garam
1 sdt air kapur sirih
1/4 sdt soda kue

Tepung:
4 sdm tepung beras, aduk rata dengan
1 sdt tepung kanji

Cara membuat:
Rendam cumi dalam bumbu selama 2 jam. Kemudian tiriskan.
Aduk rata bahan tepung, kemudian masukkan sebagian demi sebagian cumi kedalamnya sehingga seluruh permukaan cumi tertutup lapisan tepung.
Biarkan cumi yang telah dilapisi tepung di dalam kulkas selama beberapa saat, agar tepung menempel sempurna.
Goreng cumi tepung sesaat sebelum disajikan. Hidangkan bersama saus sambal.

Urap Sayuran


Bahan:
Sayurannya bervariasi, bisa memanfaatkan jenis sayuran apa saja yang ada di sekitar kita. Buncis, brokoli, wortel, kecipir, toge, ketimun, kemangi, daun singkong, daun pepaya.

Bumbu:
1/2 butir kelapa parut setengah tua
2 bh cabe merah
4 bh cabe rawit (boleh ditiadakan kalau dengan hanya cabe merah sudah terasa pedas)
1- 2 sng bawang putih
1 cm kencur
1/2 sdt terasi bakar
1 sdt garam
1 sdm gula merah
2 lbr daun jeruk,potong tulangnya, kemudian iris2

Cara membuat:
Sayuran: Kukus buncis, brokoli, wortel dan kecipir yang sudah dipotong2 sampai cukup empuk tapi masih kelihatan segar. Angkat.
Rebus daun singkong dan daun pepaya sampai empuk. Tiriskan.
Seduh toge dengan air panas. Tiriskan.
Potong2 ketimun dan siangi kemangi. Sisihkan.
Bumbu: Haluskan bumbu, kemudian campur dengan kelapa parut. Kukus sampai matang. Campur kelapa parut yang telah dikukus bersama sayuran.

Ikan Asin Cabe Hijau


Hmmm yang namanya ikan asin selalu menimbulkan selera makan. Makanya jangan pernah menempatkan nasi di depan kita kalau pas makan sama ikan asin, coba aja..kalau gak nambah...nambah...

Bahan:
2 ekor ikan asin kembung (jenis apa aja asal dagingnya agak tebal)

Bumbu:
10 btr bawang merah, iris halus
5 sng bawang putih, iris halus
100 gr cabe hijau, iris serong
4 bh tomat hijau, masing2 potong 4
2 cm lengkuas
2 lbr daun salam
sedikit air panas.

Cara:
Rendam ikan asin dalam air panas selama 15 menit agar berkurang rasa asinnya. Tiriskan kemudian goreng sampai matang.
Tumis bawang merah dan bawang putih sampai wangi. Tambahkan daun salam, lengkuas, cabe hijau dan tomat. Aduk sampai cabe dan tomat layu.
Masukkan ikan asin dan sedikit air. Biarkan sesaat sampai bumbu meresap. Angkat. Hidangkan bersama nasi hangat.

Spaghetti


Makanan yang berasal dari Italia, yang seharusnya menggunakan tomat segar sebagai bahan dasar sausnya. Namun agar lebih praktis, tomat segar dapat diganti dengan saus tomat botol yang siap pakai. Praktis dan cukup bergizi untuk dihidangkan sebagai sarapan pagi

Bahan:
250 gram pasta

Saus:
500 gram daging cincang
1 bh bawang bombay, cincang halus
1 sdm margarine + 1 sdt olive oil untuk menumis
1 sdt italian herb
saus tomat (sesuai selera)
50 gram keju cheddar parut
keju parmesan untuk taburan

Cara membuat:
Pasta: Didihkan air, kemudian masukkan pasta dan masak kurang lebih selama 8 menit. Angkat, siram dengan air dingin. Tiriskan.
Saus: Panaskan wajan, kemudian masukkan mentega hingga mencair. Tambahkan olive oil. Tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan daging cincang ke dalam tumisan bawang, aduk- aduk hingga berubah warna. Tambahkan saus tomat dan italian herb, aduk hingga menyatu dengan daging. Beri sedikit air panas, kemudian masak daging dengan api kecil sampai matang dan saus mengental. Ketika saus sudah mulai mengental masukkan parutan keju cheddar ke dalamnya, aduk rata. Angkat.
Penyajian: Taruh pasta di pinggan saji, siram dengan saus daging, kemudian taburi dengan keju parmesan.

Note:Saus daging yang berlebih bisa dipergunakan sebagai topping bruchetta atau bread pizza.

Mie Ayam


Mie, everything about noodle selalu membuat suami saya bersemangat untuk mencobanya. Salah satunya ya mie ayam, kayaknya gak pernah ada bosannya. Obsesiku, suatu saat kalau sudah punya gilingan mie, kepengen nyoba bikin mie sendiri, biar semuanya serba natural, no additive!

Bahan:
mie kering, diseduh dengan air panas

Taburan:
400 gr fillet dada ayam, dipotong dadu
200 gr jamur kancing kaleng
75 gr bawang bombay, cincang halus
6 bh bawang merah
3 sng bawang putih
4 sdm saus tiram
4 sdm kecap manis
2 sdm kecap asin
1/2 sdt merica
1 sdt garam
1 sdm gula pasir
4 sdm minyak sayur
1 sdm minyak wijen
250 ml air panas

Kuah:
2 ltr kaldu ayam (saya membuatnya dari bag. sayap ayam)
5 bawang merah
2 bawang putih
2 sdm bawang daun, diiris halus
garam, gula, merica, secukupnya
bakso, secukupnya

Pelengkap:
Pangsit goreng
Sawi hijau, diseduh air mendidih
Bawang daun, diiris halus
Bawang goreng
Sambal cabe rawit

Cara membuat:
Kuah: Didihkan air, kemudian masukkan bag. sayap ayam, masak dengan api kecil. Haluskan bawang merah dan bawang putih. Kemudian tumis dengan 2 macam minyak hingga cukup harum. Masukkan kedalam air kaldu yang mendidih. Tambahkan garam, gula, merica, dan daun bawang kedalamnya. Tambahkan bakso.
Taburan: Haluskan bawang merah dan bawang putih, kemudian tumis dengan campuran minyak sayur dan minyak wijen, bersama cincangan bawang bombay. Tambahkan potongan ayam, tumis hingga berubah warna. Masukkan saus tiram, kecap manis dan kecap asin. Tambahkan air dan jamur kancing. Bubuhkan garam, gula pasir dan merica. Masak dengan api kecil hingga air terserap habis.Penyajian: Siapkan mangkuk saji, kemudian susun di dalamnya mie, sawi hijau, taburan ayam dan pelengkap lainnya. Hidangkan bersama kuah bakso yang panas.