Our Food

Homemades loved by my familly. Ketika seorang yang masih "learning by doing", mencoba untuk membuat sendiri apa yang menjadi kegemaran keluarganya. Inilah menu kami sehari2....

My Photo
Name:
Location: Qatar

cool housewife who wants to be an "oasis" of her familly

The Outhers:

Our Snack

Our beverages

Sunday, April 02, 2006

MOVED

YES I HAVE MOVED....
PUNYA DAPUR BARU NIH CERITANYA
JUST CLICK MY KITCHEN GALLERY
I HOPE YOU ENJOY THERE...

Sunday, March 26, 2006

Ayam Goreng Bumbu Terasi


Yang pedas2 sering kali membangkitkan nafsu makan. Salah satunya ini..
Gak perlu repot lagi ngulek sambal terasi, tinggal nyiapain nasi hangat, goreng tempe plus lalapan. Hmm....


Bahan:
1 ekor ayam (kurleb 600 gr)
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
2 sng bawang putih, diparut halus
minyak goreng
2 sdm kecap manis
1 bh tomat, iris
1 btg serai, geprek
3 lbr daun jeruk
100 ml air

Bumbu halus:
8 cabe merah
5 bawang merah
3 sng bawang putih
1/2 sdt merica bubuk
2 sdt terasi
1 sdt garam

Cara membuat:
Potong ayam menurut selera. Kemudian rendam dengan air jeruk, diamkan beberapa saat. Cuci kembali ayam, tiriskan. Kemudian balur dengan bawang putih dan garam. Diamkan sampai bumbu menyerap.
Goreng ayam sampai setengah kering. Sisihkan.
Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan serai dan daun jeruk.
Masukkan tomat, kecap manis dan air, biarkan mendidih.
Tambahkan ayam goreng kedalamnya. Aduk hingga rata, dan biarkan beberapa saat sampai bumbu menyerap.

Sumber: Detikfood

French Toast


Waktu bikin ini pertama kali gagal, hasilnya roti jadi benyek lembek dan eneg rasanya. Akhirnya aku bikin dengan caraku sendiri...Alhamdulillah pada suka! Hidangan yang cukup praktis dan sehat untuk dibuat sebagai variasi sarapan.

Bahan:
Bread slice
1 btr telur
100 ml susu cair
1 sdt gula pasir (sesuai selera)
Mentega, untuk olesan

Pelengkap:
Syrup maple
Buah2an

Cara membuat:
Aduk rata telur, gula dan susu.
Sementara itu, panaskan wajan teflon dengan api sedang, kemudian olesi mentega.
Celupkan setiap sisi roti ke dalam cairan (saya lebih suka mengolesinya dengan mengunakan kuas, sehingga cairan tidak terlalu banyak terserap dan roti tidak menjadi benyek). Kemudian panggang di atas wajan teflon sampai kedua sisinya kecoklatan. Hidangkan hangat bersama pelengkap.

Wednesday, March 22, 2006

Balado Ikan


Setiap orang memiliki komposisi masing2 untuk bumbu balado. Untuk yang suka pedas, biasanya penggunaan tomat dikurangi. Bumbu yang saya pakai, menghasilkan balado yang tidak terlalu pedas, walaupun biji cabe tidak dibuang, dan sedikit asem2 seger dari tomat. Bisa dhidangkan untuk anak2.

Bahan:
3 ekor ikan kembung
air jeruk nipis
garam

Bumbu halus:
100 gr tomat
100 gr cabe merah
100 bawang merah
garam
gula pasir

Cara membuat:
Rendam ikan dalam air jeruk nipis dan garam, biarkan beberapa saat. Kemudian goreng hingga cukup kering.
Sementara itu tumis bumbu halus (bumbu ini membutuhkan sedikit "lebih banyak" minyak) hingga matang. Angkat.
Masukkan ikan yang telah digoreng ke dalam bumbu balado, aduk rata.

Sayur Godog


Sayur godog, lodeh.., menurut saya rasanya hampir sama saja. Ada yang menambahkan cabe ke dalam bumbu halusnya, ada pula yang memasukkannya kedalam kuah setelah cabe dibagi 2. Bahannyapun bervariasi, ada yang menambahkan pete, tahu bahkan ikan asin.

Bahan:
100 gr labu jipang, potong2
100 gr kacang panjang, potong2
100 gr tempe, potong2
75 gr udang
2 lbr daun salam
1 bh tomat, belah 4 (atau air asam jawa)
500 ml santan (kurleb)

Bumbu halus:
1 bh cabe merah
2 bawang putih
5 bawang merah
1 cm lengkuas
garam
gula pasir

Cara membuat:
Rebus labu jipang.
Sementara itu tumis bumbu halus bersama daun salam hingga harum, kemudian masukkan udang, aduk hingga udang berubah warna. Masukkan bumbu ke dalam air rebusan labu jipang. Tambahkan santan (kekentalan dan banyaknya sesuai selera), didhkan sambil dicipi rasanya. Masukkan kacang panjang, tempe kemudian tomat. Aduk hingga matang.

Monday, March 20, 2006

Soto Kudus


Saya memang hobby banget bikin soto! Rasanya enak, gak terlalu repot lagi bikinnya.. Tinggal nyiapain nasi hangat sebagai pelengkapnya, selesai...

Bahan:
1 ekor ayam
1500 ml air
3 lbr daun salam

Bumbu halus:
8 bawang merah
4 bawang putih
4 kemiri, disangan
1 cm kunyit
1 cm jahe
1/2 sdt merica bulat
garam
gula pasir

Pelengkap:
bawang merah goreng
bawang putih goreng
seledri
toge

Sambal, haluskan:
10 cabe rawit
50 ml kecap manis
1 sdt air jeruk nipis
1 sdm bawang putih goreng

Cara membuat:
Rendam ayam dengan air jeruk nipis terlebih dahulu, kurleb 15 mnt. Cuci, tiriskan.
Rebus ayam bersama garam hingga empuk, angkat. Kemudian goreng, suwir2.
Tumis bumbu halus bersama daun salam hingga harum, kemudian masukkan kedalam kaldu. Cicipi rasanya.
Susun pelengkap didalam mangkuk saji, kemudian tuangi kaldu yang telah mendidih. Hidangkan.

Thank to: Mbak Fat

Saturday, March 18, 2006

Today's Menu





Biasanya bila week end datang, suami selalu menanyakan "akan makan dimana?". Maklumlah setelah 5 hari berturut2 selalu berada dalam dapur, kadang jenuh juga, sehingga perlu "penyegaran" dengan mencoba makanan di restoran. Tapi kali ini, semua makanan yang ditawarkan suami rasanya tak ada yang menarik. Mungkin karena kemarin, dgn teman2, baru aja ngomongin tentang karedok, pecel, lotek...Ah..sedapnya! Jadi yang terbayang adalah makanan kampoeng. Akhirnya week end kali ini turun juga ke dapur dan inilah hasilnya...

Yang pasti ada nasi tentunya (kali ini airnya saya ganti dengan santan cair + garam, biar sedikit gurih), Gepuk Sunda, Telur dadar iris, Ikan Asin Goreng Tepung, Sambal Bawang dan Lalapan....

Ayo...siapa mau ikut makan..?!

Sambal Bawang


Bahan:
10 bawang merah, iris halus
1 lbr daun salam
1/2 cm lengkuas
1 btg serai, geprek
3/4 sdt gula merah
1/2 sdt garam
1 sdt air asam jawa

Bumbu halus:
3 bh cabe merah
1 bh cabe rawit
1/2 bh tomat
2 bawang putih

Cara membuat:
Tumis bumbu halus bersama bawang merah iris, daun salam. lengkuas dan serai hingga harum (bila menggunakan blender biarkan air dari bumbu halus menyusut terlebih dahulu, baru masukkan bahan lainnya). Setelah cukup matang tambahkan garam, gula merah dan air asam. Angkat

Ikan asin Goreng Tepung


Bahan:
ikan asin, pilih yang kecil dan berdaging tipis

Lapisan tepung:
75 gr tep. beras
1 sdm tep. kanji
125 ml santan cair
1 sdm air kapur sirih

Bumbu halus:
2 sng bawang putih
2 kemiri
3/4 sdt ketumbar bubuk
1 cm kencur
1/2 sdt garam

Cara membuat:
Rendam ikan asin terlebih dahulu dalam air panas sebentar saja, kemudian tiriskan hingga kering.
Campur bumbu halus dan bahan lapisan tepung. Celupkan ikan satu persatu kedalam campuran larutan tepung, kemudian goreng hingga kering.

Friday, March 17, 2006

Mie Rebus


Kebetulan cuaca hari ini di Qatar agak mendung, rasanya cocok juga kalau bikin mie rebus.

Bahan:
250 gr mie kering, rebus
1/2 ekor ayam
kol, iris
tomat, belah 4
bawang daun, potong 1 cm
seledri, potong 1 cm
2 sdm kecap manis

Bumbu halus:
5 sng bawang putih
5 btr kemiri
merica
garam

Pelengkap:
bawang merah goreng
sambal cabe rawit atau irisan cabe rawit

Cara membuat:
Rebus ayam dengan 1500 ml air + 1 1/2 sdt garam, hingga empuk. Angkat, goreng, kemudian suwir2.
Tumis bumbu halus hingga harum. Tuang kaldu ayam kedalamnya, didihkan.
Tambahkan kecap manis dan ayam suwir, didihkan kembali. Cicipi rasanya.
Masukkan kol dan tomat, masak hingga agak layu.
Masukkan seledri, bawang daun dan mie. Masak sebentar. Angkat dan segera hidangkan bersama pelengkap.

Thursday, March 16, 2006

Rujak Kangkung


Ngantuk...?! Coba deh makan ini, mata langsung melek! Buat yang gak kuat pedes, kurangi cabe rawitnya.

Bahan:
Kangkung, rebus
Tahu, potong2, goreng
Ketimun, potong
Toge, siram air panas

Bumbu halus:
10 cabe rawit
3 cabe merah
1 sdt terasi
200 gr gula jawa
1/2 sdt asam jawa, cairkan
garam

Cara membuat:
Gak repot...tinggal nyampur sayuran sama bumbu...selesai.

Wednesday, March 15, 2006

Today's Menu




Kelihatannya lagi mood nih untuk turun ke dapur.Hasilnya bapak, ibu, anak2 pada nambah makannya, Alhamdulillah...

Tumis Paria, Sate Udang Kemangi, Tempe Mendoan dan Ikan Bumbu goreng (untuk suamiku dan istrinya, maksudnya aku sendiri..yang sudah sedikit mengurangi konsumsi udang).

Ikan Bumbu goreng


Sebenarnya ikan goreng biasa aja sih..., tapi kali ini bumbu perendamnya saya tambahin, gak hanya garam dan air jeruk. Rasa ikan jadi bertambah gurih, apalagi kalau digoreng sesaat akan disajikan.

Bahan:
3 ekor ikan kembung
air jeruk

Bumbu halus:
2 sdt bawang putih
1/2 cm jahe
1 cm kunyit
1 sdt ketumbar
1 sdt garam

Sambal kecap:
Kecap manis
Cabe rawit, iris
Tomat, potong kecil
Bawang merah goreng

Cara membuat:
Tinggal rendam ikan dengan air jeruk dan bumbu halus. Diamkan beberapa saat dalam kulkas, sampai bumbu meresap. Goreng hingga cukup kering, hidangkan bersama sambal kecap.

Tempe Mendoan


Makanan yang berasal dari jawa, tempe berselimut tepung yang digoreng tidak terlalu kering. Tetapi kalau bikin sendiri, saya justru lebih menyukai tempe digoreng sedikit kering, sampai kalau dimakan ada bunyi kriuk kriuk dari tepungnya.

Bahan:
200 gr tempe, diiris tipis
daun kucai/ daun bawang, diiris, secukupnya
100 gr tepung terigu
250 ml air matang

Bumbu halus:
1 sdm ketumbar
5 kemiri, goreng sebentar
3 bawang putih
1 sdt garam

Sambal kecap:
Aduk:
5 cabe rawit, iris
1/2 bh tomat, potong kecil
1 sdt bawang goreng
kecap manis

Cara membuat:
Aduk tepung dengan air hingga rata, kemudian tambahkan bumbu halus, dan irisan bawang daun. Celupkan tempe yang sudah diiris tipis kedalamnya, kemudian goreng dalam minyak yang sudah cukup panas. Hidangkan hangat bersama sambal kecap.

Sate Udang Kemangi


Sebenarnya tanpa dibakarpun, makanan ini sudah terasa cukup enak dan tentu saja sudah dapat dimakan. Rasanya pedas, sedikit asam dan harum kemangi. Proses pembakaran diperlukan hanya untuk mendapatkan warna kecoklatan, sehingga lebih menarik penyajiannya.

Bahan:
600 gr udang, ukuran cukup besar, buang kepalanya
air jeruk, untuk merendam
1 1/2 sdm saus tomat
daun kemangi secukupnya
50 ml air

Bumbu halus:
5 cabe merah
4 bawang merah
3 bawang putih
3 kemiri, sangrai/ goreng sebentar
1/4 sdt merica
1/2 cm kunyit (1/4 sdt kunyit bubuk)
1/2 cm jahe
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara membuat:
Rendam udang yang telah dibersihkan dalam air jeruk, kurleb 15 mnt, kemudian tiriskan.
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, tambahkan saus tomat dan air, kemudian didihkan. Masukkan udang, masak sebentar kurleb 5 menit. Menjelang diangkat masukkan daun kemangi, aduk rata. Tusuki udang (1 tusuk berisi 3 ekor udang). Bakar sampai berwarna kecoklatan, sambil diolesi dengan bumbunya (saya masukkan ke dalam oven, menggunakan api atas).

Tumis Paria


Paria, rasanya pahit tapi suka ngangenin, bikin makan nambah, nambah lagi. Kunci suksesnya, masak dengan api besar dan jangan terlalu lama, sehingga masih terasa kriuk2nya.

Bahan:
400 gr paria
100 gr teri medan (pake udang juga enak)
10 bawang merah, iris
4 bawang putih, iris
4 cabe merah, iris serong
1 lbr daun salam
1 cm lengkuas, geprek
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara membuat:
Buang biji paria, kemudian iris2 kurleb 1/2 cm. Remas2 paria dengan 2 sdt garam sampai layu, kemudian diamkan kurleb 15 mnt. Cuci, tiriskan.
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan cabe, daun salam dan lengkuas. Aduk hingga cabe agak layu, kemudian masukkan teri medan.
Tambahkan paria, garam, gula pasir dan sedikit air. Masak dengan api besar, tutup wajan sebentar sampai paria matang. Segera angkat.

Monday, March 13, 2006

Today's Menu


Tumis kangkung tauco, Gepuk sunda, Tempe goreng, sambal terasi

Tumis Kangkung Tauco


Bahan:
1 ikat kangkung (300 gr kangkung yg sudah disiangi)
2 sng bawang putih, geprek
5 bawang merah, iris
2 cabe merah, iris serong
1 bh tomat, potong 4
1 lbr daun salam
1 cm lengkuas, geprek
2 sdm tauco
1 sdt gula pasir
150 ml air panas

Cara membuat:
Tumis bawang putih hingga harum, kemudian masukkan bawang merah, daun salam dan lengkuas. Tambahkan tomat dan cabe merah, aduk2 hingga setengah layu. Tuangi air, tauco, dan gula pasir. Masukkan kangkung, masak dengan api besar, aduk cepat. Angkat.

Gepuk Sunda


Bahan:
750 gr daging bag. paha
500 ml santan (dari 1/2 btr kelapa)
1 lbr daun salam
1 btg serai, geprek

Bumbu halus:
1 sdm ketumbar
3 sng bawang putih
6 bawang merah
1 cm jahe
1 cm kunyit
1 sdt garam
1 sdt gula merah

Cara membuat:
Rebus daging hingga setengah lunak dan air perebusnya habis.
Potong2 daging dgn ketebalan 1/2 cm, kemudian pukul2 hingga memar.
Masak santan, daun salam, serai dan bumbu halus hingga mendidih. Masukkan daging, dan masak dengan api kecil hingga air santan terserap habis. Kemudian goreng daging sampai agak kecoklatan.

Monday, March 06, 2006

Today's Menu


Waktu masih tinggal di Bontang Kalimantan, seringkali kami membeli nasi pecel di sebuah warung yang tidak terlalu besar, tapi yang belinya ngantri....banget. Satu paket nasi pecel yang sederhana biasanya terdiri dari nasi, pecel, ayam goreng, perkedel jagung dan rempeyek (sayangnya yang satu ini belum bisa bikinnya). Hari ini kucoba bikin menu ini sebagai pengobat rasa kangen:

Pecel,
Ayam Goreng,
Perkedel Jagung, Kerupuk (Yang kubayangkan sebagai rempeyek....)

Perkedel Jagung



Makanan ini dapat disajikan sebagai teman nasi sekaligus camilan

Bahan:
3 bh jagung manis, disisir kemudian ditumbuk kasar (kurleb 300 gr)
1 btg bawang daun, diiris
1 btg seledri, diiris
4 lbr daun jeruk diiris
3 cabe merah, diiris
1 btr telur
3 sdm terigu (disesuaikan dengen kekentalan adonan)

Bumbu halus:
3 bawang merah
3 bawang putih
1 sdt ketumbar
garam, gula, merica secukupnya

Cara membuat:
Campur semua bahan, kemudian goreng hingga matang.

Ayam Goreng


Bahan:
1 ekor ayam, potong2 sesuai selera
1 btg serai, geprek
4 lbr daun jeruk, buang tulangnya

Bumbu halus:
6 kemiri, sangrai
6 sng bawang putih
1 sdm ketumbar
1 cm jahe
3 cm lengkuas
garam

Cara membuat:
Ungkeb ayam bersama serai, daun jeruk dan bumbu halus hingga susut airnya. Kemudian goreng ayam dalam minyak yang cukup panas hingga matang.

Note:
Keluarga kami menyenangi ayam goreng yang banyak remahnya. Biasanya saya mengungkeb ayam dan menyisakan sedikit kaldunya. Kaldu hasil ungkeban ayam ini saya cairkan dengan sedikit air kemudian tambahkan sedikit tepung beras (pakai ilmu kira2). Dengan menggunakan ujung sendok, campuran kuah ini saya tetes2kan ke dalam wajan yang berisi minyak yang sudah cukup panas. Goreng hingga matang dan crispy.

Pecel


Bahan:
Isi: Sayuran apa saja sesuai selera dan isi kulkas. Waktu saya bikin kebetulan yang ada adalah: tahu (digoreng), ketimun, bayam arab (direbus sebentar), kol (direbus sebentar) dan toge(disiram air panas).

Bumbu kacang:
125 gr kacang tanah, digoreng
1 bh cabe merah
2-3 cabe rawit
2 sng bawang putih
3 cm kencur
6 lbr daun jeruk
1 1/2 sdt terasi
40 gr gr gula merah
1 sdt asam jawa
3/4 sdt garam
125 ml air matang (kurleb)

Cara membuat:
Gerus kasar kacang tanah yang sudah digoreng (D: menggunakan chopper), sisihkan.
Goreng bersama2 cabe merah, cabe rawit, bawang putih dan kencur sampai layu. Kemudian haluskan bersama bumbu lainnya dan cicipi rasanya. Campur bumbu dengan kacang tanah. Kemudian tambahkan air hingga cukup kekentalannya. Siramkan di atas sayuran. Taburi atasnya dengan bawang goreng dan kerupuk.

Thursday, March 02, 2006

Nasi Goreng biasa


Iya ini nasi goreng yang biasa banget, semua orang pasti sudah biasa bikin. Sengaja kuposting hanya untuk mengingatkanku disaat aku sudah mentok kehabisan ide untuk bikin sarapan

Bahan:
400 gr nasi
irisan seledri atau bawang daun

Bumbu:
10 bawang merah
2 cabe merah
1 sdm kikkoman
1 sdm kecap manis
garam

Today's Menu


Menu yang gak ribet dengan bumbu, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mempersiapkan dan juga memasaknya:

Ca Jagung Muda & Kakap Asam Manis